Jumat, 12 Juni 2015

Panduan saat Ikan Molly hamil hingga melahirkan burayak

Tanda pertama dari Ikan Molly yang sedang hamil adalah akan terjadi perut bengkak yang didalamnya terdapat burayak Molly (bayi ikan molly).

Mungkin Anda punya pemikiran lain dan bertanya-tanya apakah ada sesuatu yang salah atau ... "OH TUNGGU, dia hamil!" Ha Ha. Itu selalu menjadi perasaan yang mengagumkan untuk mengetahui bahwa Ikan Molly Anda cukup sehat, dan seolah-olah memberi tahu anda agar membuat akuarium menjadi tempat tinggal mereka yang nyaman untuk tumbuh kembang anak-anak mereka.

"Jadi saya memiliki beberapa pilihan?"

Saya ingin membuat panduan ini untuk Pemilik Ikan Molly dari aspek yang berbeda yang dapat diterapkan saat ikan Ikan Molly Anda hamil.
Ada beberapa cara yang berbeda yang dapat Anda pilih.

Saya ingin memberikan dua cara dalam situasi ini. Anda dapat memilih untuk tidak peduli pada burayak molly atau Anda dapat memilih untuk menyelamatkan beberapa burayak molly dan melihat mereka tumbuh menjadi dewasa.


Memilih untuk Tidak Peduli pada Burayak Molly

Inilah yang terjadi... Meskipun betina Molly hamil dan akan melahirkan banyak burayak Molly, ikan lain dan bahkan induk Molly sendiri akan memakan anak-anak mereka segera setelah diberi kesempatan untuk melarikan diri. YA itu pikiran mengerikan tapi ini alami. Jadi dengan tidak melakukan apa-apa di akuarium, induk akan melahirkan burayaknya dan setelah itu segera memakannya atau dimakan ikan dewasa lainnya.

Cara yang lebih sulit memberi tanaman atau dekorasi rumit pada akuarium untuk bersembunyi atau petak umpet dengan pemangsa.


tempat sebunyi dan bermain burayak ikan molly sekaligus sebagaitempat bakteri yang bisa merubah nitrat (bio filter).

Cara ini adalah cara pertengahan yang biasanya saya ambil. Saya tidak bisa menjaga semua akuarium dan burayak Molly baru jadi saya biarkan alam memberikan pelajaran untuk menyelamatkan diri.

Saya bersusah payah menghiasi akuarium dengan tumbuhan air dan ini memberikan burayak Molly tingkat keberhasilan hidup yang lebih tinggi karena mereka dapat bersembunyi dari predator. Saya telah buktikan untuk memiliki burayak Molly yang berhasil bertahan hidup dan menjalani hidup yang keras. Ini adalah cara yang bagus untuk menyelamatkan burayak Molly dan tidak membutuhkan terlalu banyak pekerjaan. dan tentunya ada pula tehnik lainnya yang lebih mudah.


"Mari kita Merawat Burayak Molly ini!"

Butuh kesabaran dibalik keinginan untuk menjaga burayak-burayak Molly yang lucu. Ini adalah proses yang super menyenangkan dan cukup mudah pada saat yang sama. Saya ingin memiliki banyak burayak Molly dan terlibat dalam proses yang indah ini. Bagi saya seperti memberi pesan moral yang luar biasa pada anak-anak dan belajar tentang itu. Perkenankan saya memberi panduan singkat bagaimana cara merawat burayak Molly mulai proses akhir kehamilan hingga menjagannya selamat dari kanibalisme.

1. Butuh usaha untuk menghentikan ikan-ikan dewasa memangsa burayak Molly


Moral dari cerita ini adalah mencoba dan menghentikan ikan lain dan ikan molly itu sendiri untuk memakan burayak molly yang baru lahir. Untuk melakukan ini kita amati lebih dekat Ikan Molly betina yang hamil untuk memposisikan tubuh sangant dekat dengan dasar kolam saat menjatuhkan burayak. Bisa dibilang akan ada posisi seperti bentuk "V" di bagian bawah perutnya tepat sebelum bertelur.

dan merupakan kuasa tuhan, burayak yang telah dijatuhkan beberapa detik akan segera melarikan diri dari induknya atau dari ikan lainnya. ini seperti insting alami yang pasti sudah dimiliki oleh burayak molly sebelum mereka dilahirkan.


2. Pilih salah satu, betina yang sudah melahirkan atau burayaknya untuk segera dipindahkan ke tempat lain.

Anda mungkin hanya ingin memindahkan semua betina hamil bersama-sama, tapi sekali lagi .. memindahkannya keluar dari akuarium bisa membuat betina molly terlalu stres.. Ini adalah dua variabel yang butuh dipertimbangkan. Singkat cerita akhirnya, Anda harus memindah burayak molly dari semua ikan lainnya secepat mungkin, segera setelah mereka dilahirkan. Hal yang paling sulit adalah mendapatkan momen saat burayak molly dilahirkan.

burayak ikan molly yang dikumpulkan untuk menghindari kanibalisme ikan molly dewasa lainnya.

3. Merawat Burayak Baru

Bagian yang sulit untuk mendapatkan burayak molly dengan aman telah berakhir. Merawat burayak molly cukup mudah. Pertama pastikan sirkulasi hisap filter akuarium Anda memiliki lobang lebih kecil dari burayak molly atau bahaya menimpa burayak baru Anda. Filter spons bekerja dengan baik! Memberi burayak makan serpihan dengan mash lebih kecil untuk mereka karena mulut mereka masih sangat kecil.

Parameter air semua harus sama dengan tangki akuarium Ikan Molly pada umumnya. Ingatlah untuk memiliki pemanas jika burayak baru Anda berada di tangki yang berbeda. Atur suhu berkisar 25 hingga 27 celcius. Dari sana .. Anda akan perduli pada mereka, katakanlah karena anda merawatnya dari kecil hingga dewasa.. O.. ikan molly tumbuh cukup cepat dan itu menyenangkan melihat burayak molly tumbuh hingga dewasa ha ha...

37 komentar:

  1. Maaf kak bisa lewat WA gak kalau bisa ini nmer saya..saya juga mau tanya tanya soalnya.081283545308

    BalasHapus
  2. Maaf kak bisa lewat WA gak kalau bisa ini nmer saya..saya juga mau tanya tanya soalnya.081283545308

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh gabung di group WAnya biar bisa sharing2 soal Molly (0811448224)

      Hapus
  3. Knp yg sayah ga ada tanda2 burayak.a yah .padahal perut.a udh besar banget

    BalasHapus
  4. Pasti ada gan... coba aqueiumnya dikasih taneman mainan gitu gan dan lampunya dimatikan. Kalo terlalu polis pasti rawan dimakan. Saya jg gitu kok.

    BalasHapus
  5. Satu tempat untuk brapa ikan molly yg lg hamilll???

    BalasHapus
  6. Gan.. ikan saya baru saja melahirkan.. tapi saya gak tau yg mana.. anakannya sudah saya pisahkan dari ikan yg besar2.. apakah anakan ikan yg baru liar butuh filter juga? Atau di taruh di toples biasa gpp tanpa filter dll..
    Mohon pencerahan gan.. karna saya new bie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gw gakpake apa apa bang apling ditaruh ditangki pembesaran aja trs dikasih daun daunan biar cpt gede

      Hapus
  7. Ditoples bisa gan gaperlu pake pilter juga hidup. Tapi lama besarnya dan rawan mati. Kalo mau di wadah yang besar saja kasih bebatuan kalo ada tanaman air. Air jangan dikuras sampai baby molly nya agak besaran. Karna jika sering dkuras baby nya suka ada yang ilang atau mati. Jangan trlalu banyak ngasih makan.

    BalasHapus
  8. Syh punya betina molly 3, jantan 3, yg udah lahiran 2 betina, v syh heran molly balon yg warnah putih ada bintik" ny, budayakan ny dapet banyak, hingga 30 ekor, v yg black molly, cuma dapet 2 ekor, aph burayak black molly lebih sedikit, d banding molly lain ny?

    BalasHapus
  9. Molly saya baru melahirkan tadi pagi.molly balon saya apakah bisa melahirkan lagi

    BalasHapus
  10. Betul.. molly balon yg putih bercak hitam.. itu mudah sekali lahiranny.. dan anakny byk.. sedangkn yg warna orange susah kok lahiranny.. suka mati klo mau lahiran yg molly orange n hitam

    BalasHapus
  11. Bang ini Aquarium gua ada burayak moly , tpi kotor ,, gua kuras atau tidak ya gan lebih baiknya ,

    BalasHapus
  12. Gan burayak molly kuat ga pake aerator sampe berapa hari?

    BalasHapus
  13. Maf sblmnya saya mau tanya,kalau burayak 2mgg apa blh di campur dgn umur 1bln di kolam pembesaran

    BalasHapus
  14. Maf sblmnya saya mau tanya,kalau burayak 2mgg apa blh di campur dgn umur 1bln di kolam pembesaran

    BalasHapus
  15. Ikan molly balon saya warna hitam perutnya udah belum melahirkan juga

    BalasHapus
  16. Hallo mau tanya, Hari ini molly balon putih bintik2 hitam saya beranak, ini pertama kalinya saya menyaksikan kelahiran nya, yg saya mau tanyakan apakah anak ikan nya jika lahir langsung aktif berenang atau tidak??

    Karna anak ikan molly saya lahir dari perutnya langsung terdampar di dasar kemudian anak ikan nya juga seperti masih terbungkus kantung selaput dan ada juga yg tidak terbungkus tpi hanya diam saja tidak bergerak. Apakah mereka mati?? Pleaseeee jawab yg tau hal tersebut????

    BalasHapus
  17. Perut ikan molly sya udah lama buncit. Tpi gak melahirkan2. Gimana solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusi nya kawinkan dengan jantan yg dewasa dlm wadah terpisah....perbandingan 1:2 betina 1,jantan 2ekor.proses perkawinan skitar 1jam saja

      Hapus
  18. Burayak saya Dr 50 ekor habis di makan ikan besar lain,sekarang yg tersisa hanya 1 ekor..berharap cepat besar suapaya ga di makan ikan lain

    BalasHapus
  19. Saya lagi Expiremen, dari total 16 burayak (entah ikan apa/ada dua warna, orange dan abu2) . Yg saya pisahkan ke aquarium ada 9, sisanya saya biarkan di aquarium utama bersama ikan2 besar yg lain. Karena pertumbuhan ikan yg di aquarium utama lebih cepat daripada di aquarium cadanganšŸ˜ikan saya saat ini molly marble sedang hamil. Yg ingin saya tanyakan, jika saya isolasi sang betina, apakah ikan saya akan stress jika tinggal sendirian sambil menunggu waktu kelahiran?

    BalasHapus
  20. Mau tanya kalau molly melahirkan jarak waktu melahirkan lg brapa lama

    BalasHapus
  21. Saya mau tanya,ikan molly yg biasanya beranak tiba" yg keluar telur itu penyebabnya apa y?
    Dan apakah telur tadi masih bisa menetas ?

    BalasHapus
  22. Mau tanya kalo ikan moly mau brojol atau di kawinkan baik nya disimpan di tmpat gelap atau terang

    BalasHapus
  23. Mau tanya donk...bingung saya baru ini liat telur molly apa yg harus sya lakukan, sya sudah pindahkan ikan2 yg lainnya sya biarkan telur2 di aquarium, apakah telur molly itu butuh gelembung?

    BalasHapus
  24. Gan mau tanya berapa lama proses lahiran ikan molly balon..soalnya punya saya cuma ada burayak nya 12 ekor..apakah masih bisa beranak lagi...dalam 1 masa khamilan..atau hanya cuma 12 aja..

    BalasHapus
  25. Pakan burayak molly balon usia 1 hari apa yah?

    BalasHapus
  26. Pakan burayak molly balon usia 1 hari apa yah?

    BalasHapus
  27. Udah gendut belum lahir lahir jg
    Apa karna ada ikan zebra guppy blu elektrik sama neon
    Jd ga mau lhiran gara gara rame

    BalasHapus
  28. Waww hebat terimakasih ilmunya salam satu hoby dari jabar

    BalasHapus